Home » » BENTUK SARANG SEMUT MYRMECODIA PENDANS

BENTUK SARANG SEMUT MYRMECODIA PENDANS

Written By Umarlan on 23 Juli 2012 | 07.11

sarang semut merah
Tumbuhan berbentuk umbi yang terdiri dari akar, umbi (buah), & daun, dihuni oleh semut jenis tertentu sebagai rumahnya. Tumbuhan umbi ini dapat dijumpai pada pohon besar dan juga pohon yang tidak terlalu besar , masyarakan Pegununungan tengah menyebut rumah semut Nonggon atau sarang semut jenis jantan  (Myrmecodia pendans).

Sarang semut jenis Jantan / myrmecodia pendans   memang jenis yang sangat berkhasiat sebagai obat, sarag semut jenis ini mengantung pada batang pohon besar maupun batang pohon yang tidak terlalu besar.  Perhatikan foto di atas  :
Foto 1 Bentuk sarang semut jantan,Nonggon, Myrmecodia pendans
sarang semut putih

 Foto 2 Akar dari sarang semut  seperti tambang yang diselimuti duri
Foto3 Umbi buah diselimuti duri yang sangat rapat
Foto 4 dan 5  pada pangkal daun berwarna merah dengan daun memanjang.

sarang semut putih papua
Sarang semut jenis ini terbilang sulit didapat, dalam jarak 100 meter hanya dapat dijumpai paling banyak tiga sampai empat  buah sarang semut yang mendiami satu pohon. Berat  tiap buah sarang semut  berkisar 2 - 3 kg per  buah,   bila diiris dan dikeringkan hanya menghasilkan 1 s/d 2 ons  sarang semut.    Ada yang mengatakan mampu menyediakan dalam jumlah besar sarang semut jenis ini , meurut saya hal yang sangat luar biasa.  Bila sarang semut jenis lain sangat bisa  karena jenis ini mudah didapat (contoh jenis lain foto di bawah).

Perlu ketelitian bagi konsumen dalam membeli obat alami sarang semut, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang tidak masuk akal.  Semoga citra obat alami sarang semut tetap terjaga.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

PETA LOKASI

 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger