Home » » PETUNJUK PENGGUNAAN SARANG SEMUT

PETUNJUK PENGGUNAAN SARANG SEMUT

Written By Umarlan on 29 Januari 2012 | 13.22

Petunjuk pengunaan sarang semut
Dalam menggunakan tumbuhan obat, sarang semut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga hasil pengobatan akan lebih maksimal.
Keaneka ragaman jenis sarang semut seperti hydnophytum terdiri atas 45 spesies; myrmecodia, 26 spesies. Semua spesies berbatang menggelembung dan berongga-rongga. 

Dengan keanekaragaman spesies memaksa para penguna obat sarang semut harus lebih selektif dalam memilih. Pondok Obat Papua berupaya  memberikan yang terbaik dari jenis obat alami sarang semut yang benar-benar berkhasiat sebagai obat, selamat membaca semoga bermanfaat.
1. WAKTU PENGUMPULAN

Guna mendapatkan bahan yang terbaik dari tumbuhan obat sarang semut perlu diperhatikan saat-saat pengumpulan atau pemetikan jenis sarang semut.

Berikut ini pedoman kami waktu pengumpulan bahan obat sarang semut :
    • Memilih jenis sarang semut yang benar-benar berkualitas myrmecodia pendans.
    • Buah sarang semut myrmecodia pendans diambil yang sudah cukup umur.
  1. PENCUCIAN DAN PENGERINGAN

    Sarang semut obat alami asal Papua myrmecodia pendans yang  sudah dikumpulkan segera mungkin di bersihkan dari  duri, akar dan daun, dicuci bersih. Setelah bersih,  dikeringkan untuk disimpan dan kemudian dipasarkan.
Pengeringan bertujuan untuk mengurangi kadar air dan mengcegah pembusukan oleh cendawan atau bakteri. Dengan demikian, bahan dapat disimpan lebih lama dalam stoples atau wadah yang tertutup rapat. Bahan kering juga mudah dihaluskan bila ingin dibuat serbuk.

Berikut ini cara mengeringkan bahan obat sarang semut :
    • Buah sarang semut myrmecodia pendans yang banyak  mengandung air  dipotong-potong. Pengeringan langsung dibawah sinar matahari, sarang semut yang akan dikeringkan diberi alas berupa terpal.
    • Pengeringan bisa juga dilakukan dengan mengangin-anginkan bahan ditempat yang teduh atau di dalam ruang pengering yang aliran udaranya baik.
  1. SIFAT DAN CITA RASA

    Sifat pengolahan tumbuhan umbi sarang semut myrmecodia pendans yang masih segar akan menghasilkan warna dan aroma harum yang khas, memiliki citra rasa agak pahit dan segar.
  1. CARA MEREBUS SARANG SEMUT

    Perebusan umumnya dilakukan dalam pot tanah, pot keramik, atau panic email, Pot keramik dapat dibeli di toko obat tradisional Tionghoa. Panic dari besi, alumunium atau kuningan sebaiknya tidak digunakan untuk merebus. Hal ini diingatkan karena bahan tersebut dapat menimbulkan endapan, konsentrasi larutan obat yang rendah, terbentuknya racun atau menimbulkan efek samping akibat terjadinya reaksi kimia dengan bahan obat.

    Gunakan air yang bersih untuk merebus, sebaiknya digunakan air tawar,.Cara merebus sarang semut sebagai berikut :
A. Masukan 1 sendok makan bubuk sarang semut,  dimasukkan ke dalam pot tanah. Masukkan 2 gelas air atau kurang lebh (500 ml)air.  Perebusan dimulai bila air telah meresap kedalam bahan ramuan obat.

B. Lakukan perebusan dengan api kecil, maksudnya agar zat berkhasiatnya dapat secara lengkap dikeluarkan dalam air rebusan.
C. Air rebusan disisakan setengahnya, dinginkan saring dan siap untuk dihidangkan.

  1. WAKTU MINUM OBAT SARANG SEMUT.

    Obat sarang semut dapat diminum sebelum atau sesudah makan.
Catatan:
Sebelum makan kecuali obat tersebut merangsang lambung maka diminum setelah makan.
Obat berkhasiat tonik diminum sewaktu perut kosong, dan obat berkhasiat sedative diminum sewaktu ingin tidur.
Pada penyakit kronis diminum sesuai jadwal secara teratur.
Rebusan obat sarang semut bisa diminum sesering mungkin sesuai kebutuhan atau diminum sebagai pengganti teh.
  1. LAMA PENGOBATAN

    Secara umum tumbuhan obat  yang masih berupa simplisia, hasil pengobatannya tampak lambat, namun sifatnya konstruktif atau membangun. Hal ini berbeda dengan obat kimiawi yang hasil pengobatannya terlihat cepat namun destruktif.
Oleh karena itu, obat yang berasal dari tumbuhan tidak dianjurkan penggunaannya untuk penyakit-penyakit infeksi akut. Tumbuhan obat lebih diutamakan untuk memelihara kesehatan dan pengobatan penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan dengan obat kimiawi, atau memerlukan kombinasi antara obat kimiawi dengan obat dari tumbuhan berkhasiat.

Semoga informasi yang singkat mengenai pengunaan sarang semut  dapat berguna untuk kita semua amin.

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Bapak Umar
 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger