Home » » MANFAAT HERBAL SARANG SEMUT

MANFAAT HERBAL SARANG SEMUT

Written By Umarlan on 12 Mei 2012 | 00.59

khasiat sarang semut
Sudah lama saya mengetahui khasiat sarang semut jauh sebelum buah merah dipublikasikan, informasi ini saya dapat dari kaka yang sudah lama menetap di Pegunungan Tengah Kabupaten Jayawijaya Wamena Papua.
Penduduk Jayawijaya menyebut tanaman sarang semut Nongon, tanaman nongon menurut mereka ada yang jenis jantan, betina dan putih. Jenis nongon yang biasa mereka gunakan untuk pengobatan adalah yang jantan atau bahasa ilmiah Myrmecodia pendans.
Nongon jantan dapat mengeluarkan suara seperti orang yang bersiul saat tertiup angin, mereka bilang sarang semut sedang bernyanyi.
Sarang semut myrmecodia pendans atau nongon jenis jantan hidup bersimbiosis dengan pohon-pohon besar, umbi tanaman sarang semut mengantung pada ranting-ranting pohon dengan pangkal daun merah menjulur ke bawah.
Nongon jenis jantan dihuni oleh beberapa spesies semut dan mobilitas semut yang menghuni umbi terbilang sangat banyak, terjadi reaksi kimia yang alami antara semut dengan umbi yang menjadi sarangnya.
Tanaman berbentuk umbi ini menyediakan tempat tinggal bagi semut, dan semut menjaga umbi dari hama pengangu seperti ulat. Semut juga membawa pupuk organik kedalam sarang sehingga terjadi kerja sama yang menguntungkan, walaupun tanaman sarang semut epifit (seperti benalu) tetapi tidak merugikan pohon yang ditumpanginya.
Nongon jenis betina bagi penduduk Wamena disebut nongon botak, botak karena umbi tanaman ini tidak berduri. Sedangkan nongon jenis putih umbinya berduri hanya pangkal daun putih. Baik Sarang semut atau nongon betina dan putih mobilitas semut yang menghuni tanaman ini sedikit, di Wamena sendiri jenis ini dari dahulu sampai sekarang tidak dipergunakan sebagai obat.
Untuk jelasnya silakan Anda melihat video berikut ini. Video Sarang semut Myrmecodia pendans Video Sarang semut merah Video Sarang semut putih
Sebaiknya sebelum mengkomsumsi sarang semut kita harus mengetahui asal usul dan jenisnya, begitu juga lokasi pengambilan dari dataran tinggi atau rendah. Manfaat herbal sarang semut dapat terasa khasiatnya selama yang kita komsumsi benar dari jenis Myrmecodia pendans.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

PETA LOKASI

 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger