Home » » PEMANFAATAN BUAH MERAH

PEMANFAATAN BUAH MERAH

Written By Umarlan on 08 April 2012 | 10.14

Pemanfaatan buah merah
Naik gunung  turun gunung berburu buah merah menjadi hal yang rutin setahun 2 kali dilakukan para pelaku pembuatan obat sari buah merah sekala rumahan seperti kami. Berkerja sama dengan penduduk setempat  pemilik tanaman buah merah disudut-sudut distrik yang jauh dari kota Wamena Papua.
Memang benar pengambilan buah merah untuk dimanfaatkan  sebagai obat  dengan mengolahnya menjadi minyak sari buah merah mengalami banyak kendala seperti yang diutarakan Bp. Ridwan  (kepala seksi ke hutan tanaman Provinsi Papua).

Demikian disampaikan Ridwan, kepala seksi hutan tanaman Provinsi Papua kepada IRNews, di Jakarta, Jumat (6/5).  ’’Pengembangan tanaman buah merah di Papua terkendala masalah akses, baik untuk budidaya maupun distribusi,” ujarnya.

Kesulitan akses yang dimaksud adalah mengenai pengambilan buah merah yang lokasinya di tengah hutan serta akses untuk pendistribusian ke luar daerah maupun luar pulau. ’’Beberapa pengusaha sampai datang sendiri ke perkampungan-perkampungan di wilayah Papua. Bahkan ada yang sampai ikut memetik ke tengah hutan,” ujarnya.

Ridwan menjelaskan, buah merah sebenarnya mempunyai prospek ekonomi yang bagus. Namun, tanaman buah merah yang dibudidayakan oleh masyarakat jumlahnya masih sangat sedikit, itupun sebagian besar diolah untuk dijadikan minyak sebagai keperluan ritual saja.

’’Pemanfaatan dari segi ekonomi masih kurang. Selain karena faktor SDM, produksi buah merah masih sedikit. Itupun sebagian besar diolah oleh masyarakat sendiri untuk keperluan ritual,” jelasnya.

Sekadar informasi, buah merah mengandung antioksidan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti kanker, hipertensi, diabetes serta bisa digunakan untuk imunitas tubuh. Karena itu, tambah Ridwan, pembudidayaan buah ini sangatlah penting.

’’Kami  akan bekerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan budidaya buah merah. Kami  juga sudah mulai mengarahkan pada masyarakat  untuk memanfaatkan buah ini dalam segi ekonomi juga,” pungkasnya. [fer4]
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Bapak Umar
 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger