Home » » ANEKA TIPS UNTUK WANITA

ANEKA TIPS UNTUK WANITA

Written By Umarlan on 22 April 2012 | 16.27

tips untuk wanita
Artikel berikut ini berisikan aneka tips bagi wanita seperti Tips mengetahui masa subur (Ovulasi), Tips agar cepat hamil, Tips melakukan perjalanan saat hamil, Tips makan dalam kehamilan,  Tips menunda  haid saat ibadah Haji / umrah & Tips melakuakan hubungan seks  dalam kehamilan. Semoga artikel ini  bermanfaat amin. 

TIPS Mengetahui Masa Subur (Ovulasi)
  1. Sistem kalender. Perhitungan masa subur cara ini adalah ovulasi terjadi pada hari ke 14 dari haid yang AKAN datang dan dikurangi serta ditambahkan 1 hari (karena sperma dapat hidup selama 48 jam setelah ejakulasi dan sel telur dapat hidup 24 jam setelah ovulasi). Misalnya siklus haidnya 28 hari dan haid terakhirnya terjadi tanggal 1, tanggal haid bulan berikutnya adalah tanggal 28. Jadi perkiraan waktu ovulasi yakni tanggal 14. Masa subur berada pada sekitar tanggal 13 hingga 15. Cara ini bisa digunakan bila wanita mempunyai siklus menstruasi yang teratur.
  2. Menilai peningkatan suhu basal badan, biasanya suhu badan meningkat menjelang dan sesudah masa ovulasi karena pengaruh hormon progesteron. 
  3. Menilai lendir mulut rahim. Hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi terjadi dan mempengaruhi lendir mulut rahim. Caranya : masukkan jari telunjuk ke dalam vagina dan raba mulut rahim anda, kemudian keluarkan jari telunjuk dan tempelkan dengan ibu jari anda. Setelah itu perlahan-lahan kedua jari tersebut dipisahkan. Jika lendir tersebut tidak putus (sampai sekitar 10 cm), berarti kemungkinan lagi ovulasi.
  4. Alat Prediksi Ovulasi. Alat ini bekerja dengan mengukur kadar hormon LH dalam urin yang dihasilkan saat ovulasi. Cara penggunaanya pun mudah dan praktis. Di apotik dijual dengan nama dagang Ovutest atau Fertitest.
  1. Berhubungan seks teratur, sebaiknya 3 kali seminggu.
  2. Gunakan alat prediksi ovulasi (Ovutest atau Fertitest). Prediksi ovulasi secara kasar adalah 14 hari (+/- 1 hari) sebelum haid yang akan datang, jika siklus haid teratur 28 hari.
  3. Hubungan seks dilakukan sebelum ovulasi. Usia sel telur saat ovulasi hanya sekitar 24 jam, sedangkan sperma bisa bertahan 24-72 jam. Oleh sebab itu jika berhubungan seks 2-3 hari sebelum ovulasi, kesempatan untuk mempunyai anak lebih besar.
  4. Hindari merokok dan alkohol.
  5. Jangan terlalu cepat berdiri seusai berhubungan seks. Hal ini bertujuan agar sperma tinggal lebih lama di vagina. Posisi wanita di bawah (misionaris) lebih baik.
  6. Ora et Labora. Jangan lupa usaha disertai doa terus menerus kepada Tuhan YME.
  7. Jika sudah mencoba selama 1 tahun dan belum hamil juga, segera periksa ke dokter kandungan.
  1. Lakukan Pemeriksaan Terlebih Dulu. Hal ini untuk memastikan kondisi kesehatan dan kehamilan anda tidak sedang bermasalah. 
  2. Pemilihan Waktu. Waktu terbaik melakukan perjalanan adalah sebelum usia kehamilan 32 minggu (atau sekitar 8 bulan). Jika menggunakan pesawat terbang, beberapa maskapai penerbangan memerlukan surat keterangan dokter jika usia kehamilan memasuki 8 bulan. 
  3. Utamakan Kenyamanan.Pilihlah pakaian dari bahan yang bisa serap keringat dan gunakan sepatu atau sandal dengan hak rata. Jika menggunakan sabuk pengaman (di mobil atau pesawat), sabuk dilingkarkan di perut bagian bawah sehingga tidak menekan perut dan rahim. 
  4. Bawa Selalu Makanan dan Minuman. Terutama saat trimester pertama dan anda sedang mengalami mual-muntah, sebaiknya lambung jangan dalam keadaan kosong / makan setiap 4 jam dalam porsi kecil.
  5. Bawa Buku Pemeriksaan Kehamilan. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi suatu hal di tempat tujuan, dokter bisa mengetahui riwayat kehamilan anda.
TIPS MAKAN DALAM KEHAMILAN

  1. ATURLAH CARA MAKAN ANDA. Lebih banyak konsumsi protein, kalori (untuk energi), vitamin dan mineral seperti zat besi, untuk perkembangan bayi. Wanita hamil membutuhkan tambahan 300 kalori perhari. 
  2. HINDARI MAKANAN YANG DAPAT MEMBAHAYAKAN IBU DAN JANIN. Misalnya : daging dan telur mentah / setengah matang, susu yang tidak dipasteriusasi, alkohol dan juga cafein.
  3. JANGAN DIET SELAMA HAMIL. Karena akan menyebabkan kurang vitamin, mineral dan lain-lain yang penting selama kehamilan. Jika memungkinkan istirahat / tidur minimal 2 jam setelah makan, supaya tidak terlalu gemuk.
  4. MAKAN DENGAN PORSI KECIL TAPI SERING. Dianjurkan setiap 4 jam karena meskipun anda tidak lapar tetapi bayi anda membutuhkan makanan / nutrisi secara teratur. Hal ini juga dapat membantu pada saat terjadi mual-muntah di trimester pertama kehamilan.
  5. MINUM VITAMIN IBU HAMIL SECARA TERATUR. Vitamin ibu hamil, misalnya kalsium dan zat besi, harus rutin diminum setiap hari, kecuali jika menimbulkan rasa mual yang berlebihan. Sebenarnya makanan yang anda makan adalah sumber vitamin yang paling baik. Vitamin ibu hamil lainnya dikonsumsi jika makanan sehari-hari kurang nilai gizi-nya.
  6. MINUM AIR YANG CUKUP. Sekitar 8 gelas perhari.
  7. MAKANAN BERSERAT, BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN. Dapat membantu mengatasi masalah konstipasi selama kehamilan.

TIPS Menunda Haid saat Ibadah Haji / Umrah

  1. Tunggu datangnya haid terakhir sebelum berangkat haji / umrah.
  2. Perhitungkan waktu haid yang akan datang (yang ingin ditunda).
  3. Mulailah minum pil penunda haid (Noretisteron 5 mg, contohnya Primolut N  2x1 tablet/hari)  7 hari SEBELUM haid yang akan datang (yang ingin ditunda).
  4. Pil penunda haid diminum setiap hari, sampai hari terakhir di Arab Saudi.
  5. Awal siklus haid normal akan mulai sekitar 2-3 hari setelah berhenti minum pil.

TIPS Berhubungan Seks dalam Kehamilan

  1. Posisi apa saja boleh asalkan nyaman dan pria jangan menekan perut wanita.
  2. Sperma tidak boleh dikeluarkan di dalam vagina karena dapat menyebabkan keguguran atau kehamilan prematur.
  3. Tidak ada masalah lain, seperti : riwayat keguguran yang berulang, riwayat kehamilan prematur, adanya pelebaran pembukaan mulut rahim dan perdarahan pervaginam.ANEKA TIPS UNTUK WANITA
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Bapak Umar
 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger