Home » » TAKARAN MEREBUS SARANG SEMUT

TAKARAN MEREBUS SARANG SEMUT

Written By Umarlan on 12 Maret 2012 | 21.37

Takaran merebus sarang semut
Tulisan kali ini saya beri judul bagai mana menentukan takaran dalam memasak sarang semut dan berapa banyak sarang semut yang perlu direbus.  Sebagian orang dalam mengolah sarang semut sebagai ramuan obat ada yang merebus berupa lempengan (irisan), ada yang menyeduh karena berupa kantong teh celup  dan ada juga yang merebus  berupa sarang semut yang telah dihaluskan.
Mari kita bahas satu persatu cara mengolah sarang semut semut 
MEREBUS BERUPA LEMPENGAN
Kelebihan merebus sarang semut berupa lempengan irisan kering  adalah :
1. Tidak perlu bersusah payah menghaluskan sarang semut
2. Air rebusan tidak perlu disaring lagi saat akan menghomsumsi
Kekurangan merebus sarang semut berupa lempengan irisan kering adalah :
1. Ekstrak sarang semut yang didapat tidak maksimal karena masih berupa potongan padat.
2. Pemborosan dalam pemanfaatan obat karena dosis pemakaian tidak jelas 

Ada juga yang yang menjemur ulang sarang semut yang telah direbus kemudian setelah kering direbus kembali, sebaikya hal seperti ini jangan dilakukan karena bila tidak kering  baik sarang semut mudah ditumbuhi jamur. Apa lagi seperti di kota Jakarta yang memiliki tingkat polusi tinggi, dikawatirkan sarang semut yang dijemur mudah terkena debu. 

SARANG SEMUT BERUPA KANTONG TEH CELUP
Kelebihan mengunakan obat sarang semut  berupa teh celup adalah :
1. Lebih ekonomis dalam penyajian, apa lagi untuk anda yang super sibuk tidak ada waktu untuk  memasak.
Kekurangan mengunakan sarang semut berupa teh  adalah :
1. Sangat sulit mengetahui  jenis dan kualitas sarang semut yang digunakan karena sudah berupa kemasan (perhatikan kantung pembungkus teh sarang semut).
2. Apa bila air dalam tremos tidak panas secara maksimal maka ekstrak sulit untuk larut, dan bila terdapat  bakteri maka bakteri sulit mati hanya dengan mengunakan air tremos.

Memang  dalam mengolah sarang semut seperti di atas ada kekurangan dan kelebihan, setidaknya kita mempunyai tolak ukur cara mana yang akan kita gunakan.

Saran saya sebaikya Anda membeli sarang semut yang masih dalam bentuk irisan kering, selain dapat melihat bentuk aslinya Anda juga dapat  menyimpulkan apakah sarang semut jenis Myrmecodia Pendans atau bukan
Luangkan waktu  untuk menghaluskan sarang semut yang telah Anda beli, ikuti petunjuk yang disarankan LIPI yaitu satu sendok penuh bubuk sarang semut rebus dengan 2 gelas air dan sisakan menjadi satu gelas. Semoga dengan perantara sarang semut penyakit yang Anda derita lekas sembuh amin.

Video jenis-jenis sarang semut yang dapat Anda saksikan agar lebih jelas dan menambah pengetahuan terimakasih Sarang semut merah dan Tanaman sarang semut putih yang ini jenis myrmecodia pendans Obat sarang semut
Share this article :

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kalau berupa sarang semut yg berupa irisan kering terus direbus airnya kira2 tersisa 1 atw 2 gelas n kemudian disaring dan diminum airnya setiap hari 1 atw 2 kali apa itu tidak berbahaya??mohon penjelasannya..ni no hp saya 082370408250

    BalasHapus
  3. Lebih baik sarang semut sebelum direbus dihaluskan terlebih dahulu agar takaranya pas setiap akan merebus 1 sendok. Keuntungan dihaluskan saat direbus ekstrak sarang semut akan mudah larut dibanding yang tidak dihaluskan.

    BalasHapus
  4. saya di Semarang,ingin memesan sarang sem,ut yang asli dan berkualitas. bagaimana caranya?
    ohya saya laki-laki 50 th, apakah sarang semut efektif untuk pengobatan benjolan-benjolan di bawah kulit saya (apakah didalamnya ada kandungan untuk pencegahan dan pengobatan dan penceghanannya?)
    saya ingin pesan langsung, tanpa perantara (agen)..... dan berapa harganya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Pak Hasan Fauzy,
      Sarang semut kualitas baik dari spesies Myrmecodia pendans bukan sarang semut merah atau putih.
      Dalam penelitian spesies Myrmecodia pendans memiliki kandungan yang komplit dan layak untuk dijadikan obat. Informasi lengkap silakan hubunggi saya di 0812 8039 6464.

      Hapus

PETA LOKASI

 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger