Home » » BIJI KOPI ARABIKA WAMENA PAPUA

BIJI KOPI ARABIKA WAMENA PAPUA

Written By Umarlan on 02 Maret 2012 | 14.12

Biji kopi arabika Wamena Papua
Wamena Papua bukan hanya penghasil herbal berkualitas sebut saja Buah Merah & Sarang Semut,  tetapi penghasil kopi bertarap internasional. Ditanam dari perkebunan yang sangat-sangat alami pada ketinggian 2500 – 1600 m dpl. Perkebunan kopi yang terdapat di Wamena Papua  unik sekali  karena masih seperti hutan dan heterogenous yang berarti tidak hanya pohon kopi saja yang ditanam di perkebunan tersebut, maka dari itu akan menghasilkan rasa yang kompleks dan balance
PROSES PENGOLAHAN BIJI KOPI
Tanah di pegunugan tengah Kabupaten Jayawijaya  Wamena Papua sangat subur,  dan merupakan sebuah keunikan, karena seluruh pohon kopi yang ada di daerah ini tidak ada yang menggunakan pupuk, pestisida ataupun bahan-bahan kimia lainnya. “kealamian kualitas biji kopi asal Wamena Papua sangat diatas rata-rata, pantas saja kalau biji kopinya salah satu yang terbaik di dunia.

Proses pengolahan biji kopi dari para petaninya pun masih sangat tradisional, dimana para petani hanya memetik buah Kopi yang sudah matang (berwarna merah), lalu kemudian pengupasan buahnya hanya menggunakan tangan kosong, setelah itu pada tahap penyortiran para petani hanya merendamn ya didalam air, dan hanya biji kopi yang tenggelam saja yang akan diambil.

Setelah melewati proses penyortiran, kemudian biji kopi dijemur oleh para petani hingga kulitnya kering dan dilanjutkan dengan proses pengupasan kulit menggunakan kayu dengan cara ditumbukkan. “hasil yang diperoleh dari proses terakhir tersebut akan menghasilkan biji kopi yang biasa disebut green Beans,” 

Green beans sendiri pada akhirnya akan dijemur kembali hingga benar-benar kering, namun karena kondisi alam Wamena yang bersuhu dingin akhirnya para petani lebih memilih untuk langsung menjualnya.

Saya sendiri sangat menyukai kopi Arabica organik ini, karena itu setiap pengiriman  buah merah dan sarang semut taklupa saya meminta untuk diikutsertakan biji kopi. Walaupun kadang malas untuk memasak dan menumbuk biji kopi, tetapi untuk sebuah  kenikmatan  secangkir kopi mau tidak mau tumbuk terus. 

Harga biji kopi kering per kilo Rp. 50.000,-
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Bapak Umar
 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger