Home » » MENGAPA RUMPUT KEBAR BEGITU BERKHASIAT

MENGAPA RUMPUT KEBAR BEGITU BERKHASIAT

Written By Umarlan on 29 Februari 2012 | 23.34

Mengapa rumput kebar begitu berkhasiat
Daya tarik  tanaman rumput kebar (Biopytum petersianum) sebagai tumbuhan obat kesuburan akhir-akhir banyak diminati oleh  negara tetangga seperti Malaysia , Brunai dan Singapur. Rumput kebar  merupakan tanaman yang dapat digunakan sebagai obat  alami untuk terapi mendapatkan momongan, anak, zuriat.  Rumput kebar (Biopytum petersianum) secara tradisional telah lama dimanfaatkan  oleh masyarakat Papua sebagai obat kesuburan wanita. 


Mengapa rumput kebar bergitu berkhasiat ? Hasil penelitian menyebutkan bahwa rumput kebar memiliki kandungan  vitamin B12, Asam folat, C dan E. Penentuan kadar vitamin B12, Asam folat, dan E menggunakan metode spektrofotometri, sedangkan untuk analisis vitamin C yaitu menggunakan metode titrasi.
Kadar rata-rata vitamin B12 pada tanaman Biophytum petersianum yaitu 5,919 mg/kg Kadar rata-rata vitamin B9 pada tanaman Biophytum petersianum yaitu 2,179 mg/kg Kadar rata-rata vitamin C pada tanamnan Biophytum petersianum yaitu 5,764 mg/kg Kadar rat-rata vitamin E pada tanamnan Biophytum petersianum yaitu 6,440 mg/kg 

1. Vitamin B
Ada dua jenis vitamin B yang bermanfaat menambah kesuburan, satu untuk pria dan satunya untuk wanita. Vitamin B12 dapat menambah dan meningkatkan kualitas sperma sedangkan vitamin B6 dapat meningkatkan kesuburan wanita. Jenis vitamin B lainnya seperti asam folat juga penting untuk proses penyatuan sperma dan sel telur (konsepsi).
 
Asam Folat (vitamin B9)
Asam folat sangat penting bagi wanita dan pria. Pasangan suami istri yang berencana memiliki keturunan sebaiknya mulai mengkonsumsi asam folat kurang lebih 3 bulan sebelum terjadinya kehamilan.
Wanita yang mengkonsumsi asam folat memiliki peluang hamil yang lebih baik dibandingkan wanita yang kekurangan asam folat. Pada pria, asam folat dapat menigkatkan jumlah sperma yang dihasilkan. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah hasil penelitian di Belanda yang menyebutkan bahwa pria yang kurang subur (infertile) setelah diberikan asam folat sebanyak 5 mg per hari ternyata jumlah spermanya meningkat 75%.

2. Vitamin C
Vitamin C penting bagi pria dan wanita. Bagi wanita, vitamin C bermanfaat menjaga keseimbangan hormonal, meningkatkan fertilitas, memperkuat sistem imun, dan membantu penyerapan zat besi. Bagi pria, vitamin C mencegah penggumpalan sperma dan meningkatkan mobilitas sperma.

3. Vitamin E
Vitamin E sangat penting bagi sistem reproduksi pria dan wanita. Bagi wanita, vitamin E menjaga sistem endokrin dan produksi hormon-hormon yang baik. Bagi pria, vitamin E mendukung produksi sperma dan hormon-hormon seks serta mencegah kerusakan DNA sperma. Sebuah riset menunjukkan bahwa kerusakan yang ekstensif pada DNA sperma dapat menyebabkan infertilitas. Kerusakan DNA tersebut terutama disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E sebagai antioksidan dapat mencegah kerusakan DNA sperma.

Tidak ada salahnya mencoba tumbuhan rumput kebar sebagai salah satu alternatife dari sekian banyak alternatife, semoga Anda berjodoh dengan rumput kebar dan lekas mendapatkan momongan, anak, zuriat.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Bapak Umar
 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger