Home » » MANFAAT RUMPUT KEBAR

MANFAAT RUMPUT KEBAR

Written By Umarlan on 22 Januari 2012 | 13.24

Tumbuhan ramping berpenampilan cantik berkhasiat obat, siapa menyangka bila tumbuhan ini menjadi perimadona  sekaligus sebuah harapan bagi pasangan suami istri yang belum mendapatkan momongan.


Manfaat rumput kebarTumbuhan rumput kebar ternyata hidup bergerombol dan tumbuh di antara tumbuhan semak lainya. Kesubuhan tanah di Distrik kebar Manokwari Papua Barat menjadi tempat tinggal tumbuhan ini, takhayal masyarakat mengatakan tumbuhan ini hanya dapat dijumpai ditempat kami.  Ditempat terpencil yang jauh dari kota Manokwari  ternyata tumbuhan ini dapat dijadikan salah satu penghasilan tambahan masyarakat setempat yang keseharian mengantungkan hidub dari berladang. 
Sayang pada saat kami mengunjungi daerah  ini rumput kebar sedang tidak berkembang jadi kami tidak dapat melihat secara lansung kembang berwarna kekuningan sebagai mahkota dari tumbuhan ini.

MANFAAT RUMPUT KEBAR
Menyangkut manfaatnya sebagai penyubur kandungan, memang sudah menjadi rahasia umum. Tak heran, Unipa melakukan studi dan hasilnya pun menggembirakan. Dari hasil penelitian tersebut dilaporkan bahwa rumput kebar bisa menjadi salah satu alternatif bagi perempuan atau pasangan yang belum memiliki momongan, dinding rahim menebal.
Kajian ilmiah lain dalam skala terbatas sudah dilakukan oleh Drs. Sukarsono MSi., dosen Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Muhamadiyah, Malang. Selain mengajar, Sukarsono juga aktif dalam beragam kegiatan pelestarian lingkungan. Perkenalannya dengan rumput kebar berawal dari koleganya di Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati).

Manfaat rumput kebar menyuburkan kandungan, menebalkan dinding rahim, memperkuat rahim, menambah jumlah sel telur dan ukuranya, obat keputihan dan haid tidak lancar
Dengan dana sendiri Sukarsono bersama timnya melakukan penelitian dengan memberlkan ekstrak rumput kebar kepada hewan percobaan, yaitu tikus. Air rebusan rumput kebar (yang sebelumnya telah dikeringkan) diberikan sebagai minuman kepada lima ekor tikus percobaan selama dua minggu.
Sebagai pembanding adalah lima ekor tikus lain yang hanya diberi air tawar. Hasilnya ternyata memberikan gambaran positif, yakni terjadinya penebalan yang berarti pada dinding uterus atau rahim tikus yang diberi ekstrak rumput.

Terjadinya penebalan pada dinding rahim ini berarti dapat membantu proses pembuahan dalam proses kehamilan. Pasalnya, dinding rahim yang tebal memudahkan sperma menempel sekaligus memudahkan proses kehamilan.
Sayangnya, hasil penelitian ini belum ditindaklanjuti. Diharapkan di masa mendatang ada pihak lain, terutama industri farmasi, yang berminat mengembangkan potensi rumput kebar menjadi fitofarmaka. Di masyarakat, secara empiris khasiat rumput kebar sebagai penyubur kandungan sudah lama dimanfaatkan. Saat ini bahkan bisnis rumput kebar asli Papua diperkirakan mencapai puluhan juta per tahunnya.

Meramu Rumput Kebar 
Memanfaatkan rumput kebar sebagai ramuan sebenarnya mudah, menyiapakan sekali saji untuk diminum sehari 3 x pagi, siang, & malam. Ambil 15 batang rumput kebar, rebus dengan setengah liter air , setelah mendidih apai matikan, saring setelah dingin siap disajikan.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Bapak Umar
 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI ASAL PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger