Home » » KUNYIT PAPUA ATASI MAAG KRONIS

KUNYIT PAPUA ATASI MAAG KRONIS

Written By Umarlan on 08 Agustus 2011 | 19.00

maag kronis
Kunyit (Curcuma domestica) merupakan salah satu tumbuhan yang telah banyak digunakan masyarakat untuk beragam keperluan dapur seperti bumbu, zat warna makanan, bahan kosmetika atau obat tradisional (bahan jamu). berbagi pengalaman saya pribadi menggunakan kunyit Papua sebagai obat sakit asam lambung ternyata begitu bagus hasilnya. Yang jelas menjaga kesehatan harus terus kita lakukan dengan pengobatan yang aman dan nyaman termasuk menggunakan herbal.


 Khasiat dari Kunyit antara lain untuk membuat tonikum, menyembuhkan radang tenggorokan, obat memar dan keseleo, obat nyeri pinggang, obai diare, pembersih darah bagi wanita melahirkan, menurunkan tekanan darah tinggi, pencahar, obat penyakit kuning dan obat gangguan maag termasuk asam lambung tinggi.

Nyeri pada lambung umumnya disebabkan oleh tukak pada selaput lendir lambung, karena produksi asam lambung yang berlebihan. Beberapa kasus bahkan tukak mengeluarkan darah dan mengakibatkan penderita muntah darah. Tukak dapat menembus dinding usus, karenanya dapat terjadi peradangan selaput perut. Nyeri lambung umumnya menahun dengan rasa sakit yang bisa hilang-timbul berganti. Rasa sakit seperti menggigit-gigit pada daerah lambung akan menjalar ke punggung.

Keluhan nyeri lambung berhubungan dengan mual, makanan, sering muntah agak asam, suhu tubuh naik, muka agak pucat, kurang nafsu makan, jika perut kosong akan terasa nyeri walaupun hanya sesaat, pedih, dan sesak pada bagian ulu hati dan membuat kita sering terbangun di tengah malam, buang air besar tidak teratur, sering sembelit atau mencret dll, bahkan mengakibatkan berat badan menurun. Orang biasa menyebut dengan sakit maag namun sebenarnya adalah sakit lambung. Umumnya, terjadi pada orang yang bergolongan darah O.
Dinding lambung dilindungi sebuah lapisan selaput lendir (mukosa) dari pengaruh asam kuat dan enzim dari dalam cairan lambung. Bila karena suatu hal lapisan selaput lendir mengalami robek, maka asam akan merusak lapisan dinding lambung dan menyebabkan luka dengan selebar beberapa sentimeter.

Penyebab pasti dari nyeri pada lambung belum dapat diketahui dengan pasti. Diduga kebiasaan merokok, minuman beralkohol atau depresi (tekanan batin), pikiran tegang, tidak tenang, sering cemas, sering terlambat makan, kerja berat, atau kurang tidur menyebabkan kadar asam lambung meningkat kemudian mengakibatkan luka pada lambung.

Secara medis penderita dapat diberikan antasida (salah satu penetral asam) untuk menguranggi rasa nyeri pada lambung.

Hasil Uji Manfaat Tanaman Kunyit
Penggunaan kunyit sebagai obat untuk nyeri lambung semakin meluas saja, dan bebeapa uji dilakukan, antara lain oleh Pusat Penelitian Obat Tradisional (PPOT) UGM tentang manfaat ekstrak kunyit untuk pengobatan nyeri lambung (peptic-ulcer). Pengujian dilakukan dengan uji preklinis dan klinis dengan hasil yang positif.
Uji preklinis dilakukan dengan menggunakan hewan percobaan berupa tikus, sedangkan Uji klinis dilakukan terhadap 20 orang pasien yang menderita nyeri lambung. Ekstrak kunyit kapsul 0,8 gr/kapsul diberikan tiga kali sehari dua kapsul, selama seminggu. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa ekstrak kunyit mampu mengobati nyeri lambung pasien, tidak menimbulkan efek samping seperti tekanan darah, frekuensi nadi, frekuensi respirasi, dan berat badan.

Dari hasil Uji tersebut maka beberapa rekomendasi disampaikan kepada publik, al:
Untuk mengobati sakit nyeri lambung direkom menggunakan ekstrak kunyit dengan jumlah dosis tiga kali 1,6 gram per hari, dengan waktu selama seminggu.  Senyawa aktif pada kunyit yang bekerja untuk mengatasi nyeri lambung adalah kandungan minyak atsiri seperti turmerone, cineol, borneol dan zingiberene. Kerja senyawa adalah mencegah produksi berlebih dari asam lambung, sehingga erosi selaput lendir pada lambung dapat dihindari. 
Zat alkaloid Curcumin sebagai antikuman berfungsi untuk merangsang dinding kantung empedu mengeluarkan cairan empedu. Sehingga sistem pencernaan bekerja lebih sempurna.

Cara Pemakaian
Cincang dua rimpang kunyit seukuran ibu jari, direbus sampai mendidih dengan 1,5 gelas air  sekitar 15 menit. Kemudian disaring untuk diminum tiga kali sehari sampai nyeri lambung tidak ada lagi. Jika anda merasa pahit maka dapat dicampur dengan madu atau gula merah.

Cara lain bisa digunakan dengan menghaluskan kunir yang sudah bersih dengan beberapa alat, dijemur kering, sehingga menjadi bubuk kunir. Ambil satu sendok teh, tuangi air mendidih setengah gelas dan aduk. Kemudian saring untuyk diambil airnya, tambahkan madu, dan minum.

Pemakaian kunyit ini jangan berlebihan, karena akan menjadikan kandung empedu kosong, sehingga menyebabkan pencernaan terganggu. Dosis yang berlebihan akan kontraproduktif terhadap kerja lambung, yaitu karena konsentrasi asam lambung (asam klorida) tertekan. Fungsi asam lambung dengan konsentrasi normal antara lain sebagai disinfektans, perangsang pengeluaran getah lambung, getah pancreas dan empedu, serta mengaktifkan enzim lambung.

Kunyit Papua
Pengalaman saya pribadi mengamati kasat mata terhadap kunyit dari Papua memang sedikit berbeda dengan yang selama ini saya lihat. Kunyit Papua lebih besar besar dan warna kuning yang ada dalam umbinya lebih kuat warnanya. Secara kimia memang belum didapatkan data-data yang membedakannya dengan umumnya.
Pengalaman teman yang sembuh asam lambungnya menjadikan saya segera meminta saudara yang di Papua untuk mengirimkan beberapa kunyit. Dan setelah saya gunakan untuk obat asam lambung saya, hanya 5 hari sudah sembuh. Alhamdulillah.

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Bapak Umar
 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger