Home » » SPESIES RUMPUT KEBAR PAPUA

SPESIES RUMPUT KEBAR PAPUA

Written By Umarlan on 30 Juli 2011 | 10.28

Spesies rumput kebarSumberdaya hayati dari tumbuhan sangat berguna bagi lingkungan dan makhluk hidup lainya, termasuk manusia. Manfaat bagi manusia sangat beragam seperti digunakan sebagai bahan pangan, bangunan dll. Bisa juga sebagai senjata dan alat trasportasi hingga bahan obat-obatan.


Tumbuhan yang kita  bahas kali ini adalah bersifat obat, seperti tumbuhan rumput kebar Biophytum petersianum Klotzsch.


Tumbuhan ini terdiri dari beberapa spesies yaitu :
1. Biophytum  sensitivum,
2. Biophytum dendroides,
3. Biophytum reinwardtii,
4. Biophytum microphy Ilum
5. Biophytum adiantoides,
6. Biophytum fruticosum
7. Biophytum petersianum.

 Penyebaran spesies Biophytum pada no.1,2,3,4, 5, dan 6 terdapat di Amerika Selatan, Asia Tenggara, Semenanjung Malaya, Indo-China, India, Indonesia meliputi (Jawa, Sulawesi Pulau Timor, dan Irian Jaya) dan juga Papua New Guinea. Jenis ini pada umumnya digunakan sebagai obat : Sakit perut, Obat batuk, bisul, Obat tubercolose, obat cacar, obat kumur serta berbagai  kegunaan lainya.

Sedangkan spesies Biophytum Petersianum K. penyebarannya meliputi Afrika, Madagashar, Asia Tenggara, dan pulau-pulau  lain di Indonesia kecuali Semenanjung Malaya, Sumatera dan Kalimantan. Spesies ini digunakan sebagai : Obat kumur (sariawan), penawar racun gigitan ular, obat pencuci perut bagi anak, dan yang terpenting sebagai pemberi kesuburan bagi wanita.

Jenis ini di Indonesia dikenal dengan nama Rumput Kebar, walaupun bukan termasuk dari family Poaceae (rumput-rumputan), mungkin dikarenakan tumbuhan ini hidup bersama dengan alang-alang.
Kenyataan Biophytum petersianum K, yang memiliki khasiat sebagai zat penyubur pada wanita itu hanya terdapat di daerah Kebar, yang memiliki kondisi ekologis (habitat) yang tertentu. 

Rumput Kebar merupakan spesies endemik yang tumbuh di daerah Kebar yang merupakan satu kecamatan di Kabupaten Manokwari di kepala burung pulau Papua. Tumbuhan ini telah dimanfaatkan bukan saja oleh penduduk setempat tetapi juga oleh masyarakat  di Indonesia, bahkan sampai kenegara tetangga seperti Malaysia, Singapore dan Brunei. 

Tidak menutup kemungkinan spesies ini akan punah tanpa usaha perlindungan karena penyebaran yang terbatas dan pemanfaatan yang terus menerus. Oleh karena itu diperlukan tindakan konservasi guna pelestarian spesies  ini, agar  pemanfaatan dapat terus dilakukan.
Share this article :

3 komentar:

  1. Terima Kasih yaa Allah, saya dipertemukan dengan rumput kebar ini melalui Bapak Umar, setelah kami menunggu selama 8 tahun dan sudah berobat kemana2 istri saya belum juga hamil,tapi saya tidak putus asa, kami terus mencoba, akhirnya kami bertemu dengan bapak Umar yang baik hati, dia memberikan penjelasan panjang lebar tentang manfaat rumput kebar ini, dan mungkin memang jodoh kami dengan meminum rumput kebar kurang lebih 2 ons (masih sisa 1/4)istri saya langsung hamil,betapa saat itu bahagia sekali hati kami(tdk terlukiskan), untuk itu kami berterimakasih sekali lagi pd Bpk Umar dan tidak lupa kami mengucapkan syukur Alhamdulillah kpd Allah SWT. smoga tidak ada halangan apapun dalam kehamilan istri saya.Terima kasih

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah... Saya ikut merasakan ke bahagiaan yang bapak rasakan saat ini. Semoga selamat sampai persalinan nanti amin.

    NB. Oh ia, waktu itu melakukan pemesanan 5 paket (5 ons).

    BalasHapus

PETA LOKASI

 
Design by : Studio Web - Copyright © 2013. OBAT ALAMI PAPUA - All Rights Reserved
Template by Creating Website - Powered by Blogger